PENYULUHAN CUCI TANGAN OLEH MAHASISWA PBL DARI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS JEMBER

Senin, 25 Juli 2022. SDN 2 Semambung kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo, mendapat penyuluhan pentingnya mencuci tangan sekaligus praktek cara mencuci tangan dengan benar dan bersih serta pola makan sehat dan bergizi. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Mahasiswa Reguler S1 Kesmas dan gizi angkatan 2019 fakultas kesehatan Masyarakat Universitas Jember. kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak, pentingnya kebersihan tangan dan menjaga pola makan dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi.
Narasumber menjelaskan “Cuci tangan 7 langkah merupakan cara membersihkan tangan sesuai prosedur yang benar untuk membunuh kuman penyebab penyakit, dengan mencuci tangan pakai sabun baik sebelum makan atau pun sebelum memulai pekerjaan, akan menjaga kesehatan tubuh anda dan mencegah penyebaran penyakit melalui kuman yang menempel di tangan, pengertian cuci tangan 7 langkah adalah tata cara mencuci tangan menggunakan sabun untuk membersihkan jari – jari, telapak dan punggung tangan dari semua kotoran, kuman serta bakteri jahat penyebab penyakit”.
Narasumber melanjutkan "ke 7 langkah tersebut yaitu satu Basahi kedua telapak setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap lalu gosok telapak secara lembut, kedua usap dan gosok juga punggung tangan secara bergantian, jangan terburu-buru, ketiga jangan lupa jari-jari anda, gosok sela-sela jari hingga bersih, empat bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya, lima gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian, enam letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan dan tujuh bersihkan pergelangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu”. dengan membersihkan bagian tangan ini secara baik dan benar memakai sabun adalah agar kebersihan terjaga secara keseluruhan serta mencegah kuman bakteri berpindah dari telapak tangan ke dalam tubuh".
Sementara Kepala Sekolah SDN 2 Semambung Slamet karyanto, S.Pd menyambut baik akan penyuluhan ini “saya sangat mengapresiasi Mahasiswa PBL kelompok 20 Dari Universitas Jember yang sudah terjun langsung mengadakan penyuluhan dan praktek cuci tangan secara baik dan benar kepada anak didik kami, dan berharap penyuluhan ini tetap berlanjut akan pentingnya kesehatan minimal setiap tahun sekali.